Tautan-tautan Akses

Rakyat Iran Peringati Revolusi Islam, Ucapkan Selamat bagi Mesir


Presiden Mahmoud Ahmadinejad menyalami para warga yang merayakan HUT ke-32 Revolusi Islam Iran di Teheran, Jumat (11/2).

Presiden Mahmoud Ahmadinejad menyalami para warga yang merayakan HUT ke-32 Revolusi Islam Iran di Teheran, Jumat (11/2).

Menlu Ali Akbar Salehi mengatakan Iran ikut berbahagia bersama rakyat Mesir dan mendukung revolusi pro-demokrasi di Mesir.

Iran mengucapkan selamat kepada Mesir atas "kemenangannya" menyusul pengunduran diri Presiden Hosni Mubarak Jumat malam, bertepatan dengan peringatan ke-32 Revolusi Islam Iran.

Press TV milik pemerintah Iran mengutip Menteri Luar Negeri Ali Akbar Salehi mengatakan Iran ikut berbahagia bersama rakyat Mesir dan mendukung revolusi pro-demokrasi di Mesir.

Puluhan ribu orang berkumpul di Azadi Square atau Lapangan Kebebasan di Teheran hari Jumat untuk memperingati jatuhnya pemerintahan Syah Iran yang didukung Amerika tahun 1979, yang mengantar para ulama garis keras berkuasa di Iran.

Dalam pidato yang dibuat sebelum pengunduran diri Mubarak, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan pemberontakan di dunia Arab menunjukkan kebangkitan Timur Tengah yang tidak akan dirusuhi Amerika maupun Israel.

Jumat pagi, kerumunan massa melambaikan bendera Iran untuk menunjukkan solidaritas dengan pengunjuk rasa anti-pemerintah Mesir dan meneriakkan "Kematian bagi Amerika" dan "Mubarak, Selamat Atas Pemberontakan Yang Terjadi."

XS
SM
MD
LG