Tautan-tautan Akses

Rakyat Iran Berikan Suara dalam Pemilihan Presiden


Warga Iran memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di salah satu TPS di Qom, 125 kilometer sebelah utara ibukota Teheran, Iran (14/6).

Warga Iran memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di salah satu TPS di Qom, 125 kilometer sebelah utara ibukota Teheran, Iran (14/6).

Rakyat Iran memberikan suara hari Jumat untuk memilih presiden baru dalam proses pemilihan yang dikontrol dengan ketat oleh pemerintah.

Kantor berita di Iran melaporkan hari Jumat bahwa para pejabat telah memperpanjang jam pemungutan suara karena banyaknya jumlah pemilih yang datang ke TPS. Sekitar 55 juta warga Iran berhak memberikan suara.

Warga dapat memilih satu dari enam capres yang disetujui sebuah panel ulama Iran. Sebagian besar calon adalah tokoh garis keras yang mendukung tata pemerintahan dan setia kepada pemimpin agung Iran.

Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan suaranya di Teheran hari Jumat. Setelah itu, ia menolak kritikan Amerika atas pemilu tersebut, dan mengatakan Iran akan menjadi pihak yang kalah jika menunggu dan melihat apa yang dapat diterima Amerika.

Iran menutup sebagian besar perbatasannya, menangkap para pembangkang dan beberapa wartawan. Sebagian besar kantor berita asing mengatakan, upaya mereka memperoleh visa untuk meliput pemilihan tidak digubris pemerintah.

Pemenang akan menjadi pengganti Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang telah menjalani dua masa jabatan dan tidak berhak mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.
XS
SM
MD
LG