Tautan-tautan Akses

Rakyat Guatemala Pilih Presiden dalam Pemilihan Putaran Kedua


Petugas keamanan sedang berjaga di depan papan kampanye calon presiden Otto Perez Molina dan Manuel Baldizon di Guatemala (5/11).

Petugas keamanan sedang berjaga di depan papan kampanye calon presiden Otto Perez Molina dan Manuel Baldizon di Guatemala (5/11).

Seorang mantan jenderal bersaing dengan pengusaha sukses dalam pemilihan presiden putaran kedua, Minggu (6/11) di Guatemala.

Berbagai jajak pendapat publik terbaru menunjukkan mantan Jenderal Otto Perez Molina memimpin dengan jarak cukup jauh di depan pengusaha Manuel Baldizon dalam persaingan untuk menggantikan Presiden Alvaro Colom.

Perez, dari Partai Patriotik sayap kanan, meraup lebih banyak suara dibanding Baldizon, dari Partai Saingan Kebebasan Demokratis, pada pemilu bulan September. Tetapi, ia tidak mendapat suara mayoritas untuk menghindari tahap kedua.

Rakyat Guatemala memilih presiden baru dalam pilpres putaran kedua pada hari Minggu ini.

Kedua calon telah berkampanye untuk memberantas kejahatan, terutama yang terkait kartel-kartel narkoba dan geng.

Guatemala memiliki salah satu angka pembunuhan tertinggi di dunia. Para pakar mengatakan sebagian dari kasus pembunuhan terkait geng-geng narkoba.

Korupsi dalam pemerintah dan kemiskinan dalam setengah dari 14 juta total populasi Guatemala adalah dua dari banyak tantangan yang menanti pemenang pemilu Minggu. Presiden baru dijadwalkan mulai memerintah pada pertengahan Januari.

XS
SM
MD
LG