Tautan-tautan Akses

Rakyat Filipina Protes Korupsi di Kalangan Pemerintah


Puluhan ribu demonstran berunjuk rasa di Taman Rizal, Manila, Senin (26/8).

Puluhan ribu demonstran berunjuk rasa di Taman Rizal, Manila, Senin (26/8).

Puluhan ribu orang melakukan aksi unjuk rasa di berbagai penjuru Filipina untuk memprotes apa yang mereka sebut korupsi di kalangan pemerintahan.

Puluhan ribu orang turun ke jalan di Filipina hari Senin (26/8) memrotes korupsi pemerintah. Para demonstran marah karena kebijakan pemerintah yang membagi-bagikan dana kepada para legislator untuk membiayai proyek-proyek favorit mereka.

Demonstran berduyun-duyun turun ke jalan di Manila dan kota-kota lain menuntut agar dana yang mereka sebut ‘uang curian’ itu dikembalikan kepada rakyat.

Dana yang dibagi-bagikan oleh cabang eksekutif kepada para legislator itu seharusnya digunakan untuk proyek-proyek pembangunan di seluruh Filipina. Namun tahun ini, para penyidik mendapati sejumlah senator menyalurkan dana itu ke badan-badan non-pemerintah palsu.

Presiden Benigno Aquino terpilih menjadi Presiden setelah dalam kampanye tahun 2010 menggunakan tema anti korupsi. Hingga belum lama ini pemerintahan Aquino umumnya mendapat nilai positif atas sikapnya yang anti-korupsi.

Hari Jumat (23/8), dalam upaya mencegah demo, Aquino menjanjikan akuntabilitas lebih ketat dam pedoman yang lebih keras menyangkut penggunaan dana khusus.
XS
SM
MD
LG