Tautan-tautan Akses

Rakyat AS Rayakan Hari Kemerdekaan ke-236

  • Sri Purwati

Parade untuk merayakan Hari Kemerdekaan Amerika ke-236 di Washington DC (4/7).

Parade untuk merayakan Hari Kemerdekaan Amerika ke-236 di Washington DC (4/7).

Di seluruh pelosok Amerika mulai dari Alaska sampai ke Teluk Meksiko, dari pantai barat ke pantai timur, rakyat AS hari Rabu ini tanggal 4 Juli 2012 merayakan Hari Kemerdekaan yang ke 236.

Ibukota Amerika, Washington, D.C., adalah tempat yang spektakular untuk merayakan Hari kemerdekaan Amerika, tanggal 4 Juli. Lapangan yang disebut National Mall, dengan Monumen Washington, di satu sisi, dan Gedung Kongres Amerika di sisi lainnya, merupakan latar belakang yang indah dan patriotik dalam perayaan Hari Kemerdekaan Amerika.

Perayaan ini berlangsung sepanjang hari di Ibukota Amerika, mulai dari pawai di sepanjang jalan utama Constitution Avenue dan diakhiri pada malam hari, dengan pertunjukan kembang api di Monumen Washington.

Perayaan tanggal 4 Juli di Washington, D.C., termasuk event yang paling banyak dihadiri pengunjung dan banyak orang datang lebih awal agar memperoleh tempat duduk di lapangan rumput terbuka.

Acara pada Rabu pagi hari dimulai dengan pawai, yang menampilkan berbagai drum band, militer , kendaraan hias, dan sejumlah VIP , tokoh-tokoh terkenal dan selebriti.
Orang berduyun-duyun menyaksikan pawai Hari kemerdekaan Amerika, bukan hanya dari Washington, tetapi juga dari berbagai negara bagian lain. Salah seorang pengunjung, Sivone dari Washington, DC, kedatangan tamu dan sanak keluarga dari negara-negara bagian lain untuk menyaksikan pawai dan perayaan ini.

"Kami menyukai perayaan ini, kami tidak ingin ketinggalan, pawai di Washington, D.C. adalah yang paling patriotik di Amerika. Kami senang negara-negara bagian mengirim band-band SLAnya ke sini. Bagus sekali, kami akan menonton kembang api dan pertunjukan musik," kata Sivone.

Perayaan Hari Kemerdekaan ini juga menyajikan event tahunan Smithsonian Folklife Festival yang menampilkan antara lain, pertunjukan musik, tarian, seni kerajinan, demonstrasi memasak, acara berceritera, dan diskusi mengenai masalah-masalah budaya.

Acara tahunan peringatan hari kemerdekaan AS di Washington DC dimeriahkan dengan perayaan kembang api (foto: dok).

Acara tahunan peringatan hari kemerdekaan AS di Washington DC dimeriahkan dengan perayaan kembang api (foto: dok).

Di berbagai tempat diselenggarakan berbagai macam acara. Konser musik di bawah Monumen Washington, menampilkan Band Angkatan Laut Amerika. Juga mengadakan pertunjukan antara lain Ansambel Blues dan jazz Angkatan Darat Amerika, menampilkan artis tamu, Ben Vereen.

Di halaman Gedung Kongres Amerika berlangsung konser oleh Orkes Simfoni Nasional dan beberapa penyanyi musik pop menyanyikan lagu-lagu patriotik. Semuanya gratis.

Acara tahun ini diisi dengan pemberian penghargaan kepada tim-tim Olympic dan paralympic, dipimpin oleh pemenang medali emas skat es olimpiade, Apolo Anton Ono. Juga ada acara di halaman Gedung Kongres ini yang menampilkan komponis pemenang Piala Oscar, John Williams yang akan menjadi dirigen tema gubahannya, “Olympic Fanfare”.

Acara yang ditunggu-tunggu adalah pesta kembang api yang akan dimulai pukul 21:15 waktu Washington. Kembang api akan diluncurkan dari kolam di depan Tugu Abraham Lincoln, dan akan menyinari langit di atas Monumen Nasional. Sungguh mengagumkan.

Sementara itu, di kota New York kembang api diluncurkan dari kapal-kapal barkas.
Puluhan juta penduduk kota besar dan kecil di Amerika, menonton pawai, pertunjukan kembang api, konser musik, berpiknik, dan berkumpul bersama keluarga.

Dirancang oleh Thomas Jefferson dalam bulan Juni 1776, Deklarasi Kemerdekaan adalah lambang kebebasan Amerika yang paling dielu-elukan. Kongres Kontinental ketika itu, secara resmi menyetujui dokumen deklarasi tersebut beberapa minggu kemudian pada tanggal 4 Juli.
XS
SM
MD
LG