Tautan-tautan Akses

AS

Rakyat AS Rayakan Hari Buruh


Para pekerja AS melakukan unjuk rasa di kota Charlotte, North Carolina pada hari buruh tahun lalu (foto: dok).

Para pekerja AS melakukan unjuk rasa di kota Charlotte, North Carolina pada hari buruh tahun lalu (foto: dok).

Hari Senin pertama bulan September menjadi hari libur resmi tahun 1894 setelah didorong oleh serikat-serikat buruh Amerika.

Rakyat Amerika merayakan Hari Buruh hari ini, hari libur nasional menghargai sumbangan para pekerja yang juga telah menjadi hari yang menandai akhir tidak resmi musim panas.

Hari Senin pertama bulan September menjadi hari libur resmi tahun 1894 setelah didorong oleh serikat-serikat buruh Amerika. Selama puluhan tahun, kota-kota menggunakan kesempatan ini untuk menggelar pawai-pawai besar menghormati para pekerja paberik anggota serikat buruh.

Serikat-serikat buruh Amerika telah mengalami penurunan secara tetap jumlah anggotanya dalam 30 tahun terakhir dengan pertumbuhan industri teknologi dan globalisasi ekonomi dunia. Tahun 1983, 20 persen pekerja Amerika adalah anggota serikat buruh, sedangkan tahun 2012 hanya 11 persen pekerja anggota serikat buruh.

Namun, selama bertahun-tahun ini, serikat-serikat buruh telah melihat banyak hasil perjuangan mereka diabadikan di tempat-tempat kerja Amerika, antara lain, hari kerja 5 hari-seminggu serta asuransi kesehatan dan masa cuti dengan gaji dibayar majikan.
XS
SM
MD
LG