Tautan-tautan Akses

Raja Yordania Melawat ke Tepi Barat


Raja Yordania Abdullah II (kiri) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kanan) (21/11).

Raja Yordania Abdullah II (kiri) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kanan) (21/11).

Lawatan Raja Abdullah merupakan dukungan Yodania pada Penguasa Palestina dan Rakyat Palestina untuk mencapai terciptanya negara Palestina yang merdeka.

Raja Yodania Abdullah akan melakukan kunjungan yang jarang ke Tepi Barat hari Senin untuk bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah. Lawatan tersebut direncanakan untuk membicarakan perkembangan politik terbaru di kawasan itu.

Para pejabat Yordania mengatakan kunjungan itu diadakan dalam konteks dukungan Yodania pada Penguasa Palestina dan Rakyat Palestina untuk mencapai terciptanya negara Palestina yang merdeka.

Kunjungan raja Abdullah diadakan ketika Palestina sedang berusaha memperoleh keanggotaan di PBB. Namun, Dewan Keamanan telah gagal mencapai konsensus di antara ke-15 anggota mengenai permohonan Palestina.

Palestina mempunyai beberapa pilihan. Mereka dapat meminta satu negara anggota Dewan Keamanan PBB untuk memohon pemungutan suara dalam dewan keamanan. Namun, kalau mereka memenangkan cukup suara yang diharuskan, Amerika akan memveto langkah tersebut.

Palestina dapat juga mengajukan petisi kepada Majelis Umum PBB untuk meningkatkan status mereka, yang akan memperluas kemampuan mereka untuk turut dalam kegiatan PBB.

XS
SM
MD
LG