Tautan-tautan Akses

Raja Thailand Minta Rakyat Saling Dukung Demi Negara


Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit meninggalkan rumah sakit Siriraj di Bangkok, Agustus 2013. (Reuters/Chaiwat Subprasom)

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit meninggalkan rumah sakit Siriraj di Bangkok, Agustus 2013. (Reuters/Chaiwat Subprasom)

Raja Bhumibol Adulyadej berpidato saat demonstrasi anti-pemerintah dihentikan sementara untuk merayakan ulang tahun raja.

Raja Thailand yang sangat dihormati meminta kepada rakyat agar “saling mendukung demi kepentingan negara,” dalam pidato hari ulang tahun yang disiarkan ke seluruh negara.

Raja Bhumibol Adulyadej, yang genap berusia 86 tahun Kamis (5/12), berpidato sementara para demonstran oposisi menghentikan sementara usaha mereka yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintah.

Demonstrasi dihentikan untuk menghormati raja, yang dipuja secara luas sebagai tokoh pemersatu di negara yang rakyatnya bertentangan dalam politik itu.

Namun para pemimpin demonstrasi telah bertekad untuk meneruskan perjuangan Jumat, dan tidak akan mundur sampai Perdana menteri Yingluck Shinawatra meletakkan jabatan dan menyerahkan kekuasaan kepada dewan yang anggotanya telah dipilih.

Kekhawatiran akan kekerasan yang meluas timbul pekan lalu, ketika sedikitnya empat orang tewas dan banyak yang luka-luka dalam demonstrasi.
XS
SM
MD
LG