Tautan-tautan Akses

Raja Saudi akan ke AS Untuk Jalani Perawatan Punggung


Raja Arab Saudi Abdullah (foto dokumentasi).

Raja Arab Saudi Abdullah (foto dokumentasi).

Raja Abdullah yang berusia 86 tahun mengalami pergeseran engsel dan pembekuan darah pada sekitar tulang belakangnya.

Media pemerintah Arab Saudi menyatakan Raja Abdullah akan bertolak ke Amerika Serikat hari Senin untuk menjalani perawatan bagi sakit punggungnya, masalah kesehatan paling akhir yang melanda pemimpin berusia lanjut di kerajaan yang menjadi produsen utama minyak itu.

Kantor berita resmi Saudi, SPA menyatakan Raja Abdullah hari Jumat menjalani pemeriksaan pergeseran engsel dan pembekuan darah di sekitar tulang belakangnya, di sebuah rumah sakit di Riyadh. Dokter merekomendasikan perawatan lebih jauh di Amerika Serikat bagi raja yang berusia 86 tahun itu.

Kantor berita Saudi juga melaporkan bahwa Pangeran Sultan, pewaris kerajaan itu, akan kembali ke Saudi Arabia hari ini dari Maroko, di mana ia telah berada sejak bulan Agustus. Kata pejabat Saudi, kembalinya Pangeran Sultan ke Riyadh adalah untuk mencegah terjadinya kekosongan kekuasaan ketika Raja Abdullah berada di Amerika.

Sultan hanya berusia beberapa tahun lebih muda dari Raja Abdullah dan ia juga dilaporkan punya sejumlah penyakit sejak dua tahun terakhir. Kestabilan politik di Arab Saudi adalah masalah global, karena kerajaan itu menguasai lebih dari seperlima cadangan minyak mentah di dunia.

XS
SM
MD
LG