Tautan-tautan Akses

Raja Salman Janji Lanjutkan Kebijakan Mendiang Raja Abdullah


Raja Salman saat menghadiri pemakaman Raja Abdullah di Riyadh (23/1).

Raja Salman saat menghadiri pemakaman Raja Abdullah di Riyadh (23/1).

Raja baru Arab Saudi, Raja Salman, berjanji akan melanjutkan semua kebijakan saudara tirinya, mendiang Raja Abdullah, yang dimakamkan hari Jumat di Riyadh.

Raja Abdullah, yang meninggal Jumat pagi (23/1), dimakamkan dalam upacara sederhana yang dihadiri para pemimpin sejumlah negara Arab dan Muslim. Diyakini berusia 90 tahun, Abdullah baru-baru ini dirawat di rumah sakit akibat infeksi paru-paru.

Kerajaan Sunni yang kaya minyak itu bergerak cepat guna memastikan transisi yang lancar dengan langsung memilih raja baru yaitu Salman. Dalam pidato yang disiarkan televisi, Raja Salman mengatakan akan melanjutkan semua kebijakan para pendahulunya yang tepat.

Raja baru itu, yang diperkirakan berusia 79 tahun, mendapat gelar putra mahkota dan menjabat menteri pertahanan sejak tahun 2012. Putra mahkota yang baru adalah Muqrin, satu lagi saudara tiri Abdullah.

Jumat malam (23/1), ratusan warga Arab Saudi mendatangi istana kepresidenan di Riyadh untuk mengucapkan selamat kepada raja baru mereka.

Di antara para pemimpin dunia menyatakan belasungkawa, Presiden AS Barack Obama menyatakan simpati rakyat Amerika kepada rakyat dan keluarga kerajaan Arab Saudi. Obama mengatakan raja itu selalu berterus terang dan berani dalam keyakinannya, termasuk menggunakan hubungan AS-Saudi sebagai kekuatan untuk keamanan dan stabilitas.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG