Tautan-tautan Akses

AS

Raja Narkoba Meksiko Pindah ke Penjara Dekat Perbatasan AS


Joaquin "El Chapo" Guzman dikawal menuju helikopter di hanggar di Mexico City, Mexico, 8 Januari 2016. (AP/Eduardo Verdugo)

Joaquin "El Chapo" Guzman dikawal menuju helikopter di hanggar di Mexico City, Mexico, 8 Januari 2016. (AP/Eduardo Verdugo)

Pemindahan Joaquin "El Chapo" Guzman dari penjara Altiplano yang pengamanannya sangat tinggi itu dikarenakan upaya peningkatan keamanan yang sedang berlangsung di fasilitas itu.

Pihak berwenang Meksiko hari Sabtu (7/5) secara tiba-tiba memindahkan raja narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman dari sebuah penjara di luar Mexico City ke sebuah pusat penahanan dekat perbatasan AS.

Guzman, bos kartel narkoba Sinaloa yang pernah dua kali kabur dari penjara Meksiko dalam beberapa tahun belakangan, dipindahkan di bawah pengamanan ketat ke Ciudad Juarez, yang dipisahkan sungai Rio Grande dari negara bagian Texas.

Sebuah pernyataan pemerintah Meksiko mengatakan pemindahan dari penjara Altiplano yang pengamanannya sangat tinggi itu dikarenakan upaya peningkatan keamanan yang sedang berlangsung di fasilitas itu. Dan pemerintah menilai pemindahan itu sebagai bagian dari rotasi periodik yang dimulai tahun lalu terhadap para narapidana yang terlibat kasus-kasus besar.

Pengamat keamanan Meksiko Alejandro Hope mengatakan kepada Associated Press bahwa pihak berwenang mungkin khawatir El Chapo akan kabur lagi. [vm]

XS
SM
MD
LG