Tautan-tautan Akses

Raja Saudi: Turunnya Harga Minyak Tak Hambat Pembangunan


Raja baru Saudi, Salman bin Abdulaziz, yang berusia 79 tahun (foto: dok).

Raja baru Saudi, Salman bin Abdulaziz, yang berusia 79 tahun (foto: dok).

Raja baru Saudi, Salman bin Abdulaziz, yang berusia 79 tahun berjanji membela semua kepentingan dunia Arab dan Islam dalam pidato Selasa (10/3).

Raja Salman dari Arab Saudi hari Selasa (10/3) berjanji penurunan harga minyak dunia tidak akan menghambat pembangunan negaranya, dalam pidato besar pertamanya sejak naik takhta.

Raja baru yang berusia 79 tahun itu juga berjanji membela semua kepentingan dunia Arab dan Islam.

Salman mengatakan negaranya akan melanjutkan eksplorasi minyak dan gas meskipun harga minyak mentah telah turun hampir separuh dari harga pertengahan tahun lalu.

Ia juga menjanjikan perbaikan dalam bidang pendidikan dan layanan kesehatan, serta mencari solusi mengenai kelangkaan perumahan murah.

Sepanjang pidatonya selama 10 menit dari istana al-Yamama di ibukota, Raja Salman juga mengutarakan tekadnya untuk terus mendukung pembentukan negara Palestina dengan ibukota di Yerusalem.

Salman, yang naik takhta setelah saudara tirinya Raja Abdullah meninggal bulan Januari, duduk ketika membacakan pidatonya dan didampingi pangeran dan wakil pangeran.

Para undangan mencakup gubernur, pejabat senior kerajaan, menteri Kabinet, pemimpin militer dan ulama senior. Diantara para tamu juga termasuk sejumlah perempuan, meskipun ditempatkan terpisah dan di belakang para tamu laki-laki.

XS
SM
MD
LG