Tautan-tautan Akses

Raja Arab Saudi Janjikan Hibah, Reformasi dan Pekerjaan untuk Redam Protes


Raja Arab Saudi, Abdullah, menyampaikan pidato nasionalnya dari Istana Kerajaan di Riyadh, Jumat (18/3).

Raja Arab Saudi, Abdullah, menyampaikan pidato nasionalnya dari Istana Kerajaan di Riyadh, Jumat (18/3).

Termasuk dalam dekrit kerajaan, di antaranya, kenaikan gaji minimum pegawai negeri, dana perumahan baru dan tambahan lapangan kerja.

Raja Arab Saudi Abdullah yang berusaha mencegah pergolakan masuk ke negaranya, menawarkan hibah miliaran dolar dalam bentuk tunjangan sosial, lapangan kerja, dan perumahan, serta reformasi.

Dalam pidato televisi nasional singkat seusai sholat Jumat, Raja Abdullah memuji pasukan keamanan yang mempertahankan kestabilan ketika terjadi demonstrasi belum lama ini. Ia berjanji meningkatkan kinerja polisi agama dan sektor penegakan hukum.

Seusai pidato raja, para penyiar televisi membacakan serangkaian dekrit kerajaan, termasuk menaikkan gaji minimum pegawai negeri menjadi sekitar 8 juta rupiah per bulan, membelanjakan 66,7 miliar dolar untuk membangun rumah baru, dan menambahkan 60.000 lapangan kerja dalam sektor keamanan dan dalam negeri. Pemerintah juga menjanjikan program pemberantasan korupsi.

Sebelumnya bulan ini, pemerintah Arab Saudi melarang protes, meskipun beberapa protes kecil terjadi sejak larangan diberlakukan.

XS
SM
MD
LG