Tautan-tautan Akses

Raih Nominasi Oscar, Barkhad Abdi Inspirasi Anak Muda Kejar Cita-cita


Barkhad Abdi

Barkhad Abdi

Akting perdana aktor Barkhad Abdi dalam film Captain Phillips yang mendatangkan banyak pujian telah membuahkan nominasi di ajang perfilman bergengsi Academy Awards atau Oscar untuk kategori pemeran pembantu pria terbaik.

Aktor kelahiran Somalia, Barkhad Abdi, mengetahui bahwa dirinya berhasil mendapat nominasi Oscar saat menonton pengumumannya langsung melalui siaran di televisi bulan Januari lalu. Kepada VOA, Abdi mengaku sangat bahagia saat mendengar namanya disebut.

“Saya sangat senang sampai tidak bisa tidur. Semua orang yang saya kenal menghubungi saya,” ujar aktor berumur 28 tahun ini yang masih belum percaya akan kesuksesannya ini.

Sebelum namanya melejit lewat film yang diperankannya bersama aktor Tom Hanks, Abdi sehari-harinya bekerja sebagai supir limusin dan penjaga toko milik saudara kandungnya di Minneapolis. Suatu hari ia melihat sebuah liputan dalam Minneapolis TV mengenai produser yang tengah mencari aktor-aktor untuk bermain dalam film tentang kapal AS Maersk Alabama yang diserang para bajak laut Somalia pada tahun 2009. Abdi kemudian mengikuti audisi, sampai akhirnya berhasil terpilih untuk memerankan karakter bajak laut bernama Abduwali Muse.

Keberhasilan Abdi dalam mendapatkan nominasi Oscar bukan hanya akan mendorong warga Amerika keturunan Somalia, tetapi juga anak-anak muda seperti dirinya untuk terus mengejar cita-cita. Kuncinya adalah terus bekerja keras.

“Kalau kita mencoba untuk melakukan yang terbaik, pasti kita bisa mencapai cita-cita. Ikuti kata hatimu, kejar cita-citamu, dan bekerja keras,” pesan Abdi.


Selain nominasi Oscar, Abdi juga mendapat nominasi di ajang Golden Globe Award. Baru-baru ini ia juga berhasil menang di ajang BAFTA (British Academy of Film and Television Arts), mengalahkan aktor Bradley Cooper, Matt Damon, dan Michael Fassbender dalam kategori pemeran pembantu pria terbaik.

Berangkat dari kesuksesannya di film Captain Philips, Abdi berencana untuk melanjutkan karir aktingnya.

“Saya berencana untuk pindah ke Los Angeles dan sekarang saya sudah punya agen,” paparnya.

Barkhad berharap aktingnya di Captain Phillips bisa membuka lebih banyak kesempatan lagi baginya untuk berkarir di industri perfilman Hollywood.

“Itulah yang saya harapkan,” kata Abdi.

Di ajang Oscar yang akan diselenggarakan tanggal 2 Maret mendatang waktu Los Angeles, Abdi akan berkompetisi dengan Bradley Cooper, Jonah Hill, Jared Leto, dan Michael Fassbender.
XS
SM
MD
LG