Tautan-tautan Akses

AS

Rahm Emanuel Terpilih Kembali Jadi Walikota Chicago


Mantan kepala staf Gedung Putih, Rahm Emanuel, di Union Hall, Chicago, 7 April 2015 (AP Photo/Nam Y. Huh). Rahm Emanuel terpilih kembali menjadi walikota Chicago.

Mantan kepala staf Gedung Putih, Rahm Emanuel, di Union Hall, Chicago, 7 April 2015 (AP Photo/Nam Y. Huh). Rahm Emanuel terpilih kembali menjadi walikota Chicago.

Rahm Emanuel mengalahkan saingannya Jesus 'Chuy' Garcia dalam pemilihan tambahan, Selasa (7/4), dengan meraup 56 persen suara.

Mantan kepala staf Gedung Putih, Rahm Emanuel, telah memenangkan pemilihan masa jabatan kedua walikota Chicago.

Emanuel, yang bekerja di Gedung Putih selama masa jabatan pertama Presiden Barack Obama, mengalahkan saingan Jesus "Chuy" Garcia dalam pemilihan tambahan, hari Selasa, dengan meraup 56 persen suara, dibanding 44 persen bagi Garcia, anggota parlemen negara bagian Illinois.

Pemilihan tambahan terpaksa diselenggarakan, karena Emanuel gagal memperoleh 50 persen suara yang dibutuhkan dalam pemilihan awal bulan Februari lalu, walaupun ia berada pada peringkat pertama dari empat kandidat yang bersaing.

Garcia mengecam Emanuel karena mengabaikan kebutuhan perkampungan miskin di Chicago. Emanuel juga dikecam karena keputusannya menutup 50 sekolah negeri di perkampungan-perkampungan miskin dan kian meningkatnya kerusuhan geng.

Sebaliknya, walikota Emanuel menyebutkan bahwa Garcia tidak berpengalaman mengatasi semua masalah itu. Emanuel, yang adalah mantan anggota Kongres AS, dikenal berwatak kasar, yang banyak dihindari pemilih.

Dalam kampanyenya, Emanuel mengakui kekurangannya ini, seraya menambahkan, cara kasarnya itu diperlukan dalam mengambil keputusan-keputusan yang sulit.

XS
SM
MD
LG