Tautan-tautan Akses

Radiasi Pengaruhi Kekuatan Fisik Presiden Venezuela


Presiden Hugo Chavez melambaikan tangan kepada pendukungnya dari istana kepresidenan Miraflores di Caracas, Venezuela (13/4).

Presiden Hugo Chavez melambaikan tangan kepada pendukungnya dari istana kepresidenan Miraflores di Caracas, Venezuela (13/4).

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan sesi terapi radiasi yang dijalaninya di Kuba untuk mengobati kanker telah berdampak pada kesehatannya.

Chavez mengatakan demikian hari Jumat di hadapan ribuan pendukungnya pada peringatan 10 tahun pemulihan kekuasaannya setelah kudeta selama dua hari.

Pemimpin Venezuela yang bolak-balik ke Kuba untuk serangkaian radiasi paling akhir itu mengatakan perawatan itu telah berdampak pada kekuatan fisiknya tapi ia dalam kondisi baik.

Chavez berangkat ke Kuba hari Sabtu untuk perawatan radiasi. Ia mengatakan kepada pendukungnya ia mempertimbangkan untuk berada di Kuba seminggu lebih lama dari kunjungannya baru-baru ini.

Hanya sedikit yang diketahui mengenai kondisi pemimpin sosialis berusia 57 tahun itu. Chavez telah menjalani dua operasi sejak didiagnosa mengidap kanker agresif tahun lalu.

Katanya operasi yang paling akhir berhasil dan ia akan pulih untuk memenangkan masa jabatan enam tahun lagi pada bulan Oktober. Ia telah berkuasa selama 13 tahun.

Chavez menjalani operasi bulan Februari di Kuba untuk mengangkat tumor dari bagian panggulnya. Tumor juga sudah diangkat dari bagian tubuh yang sama tahun lalu.
XS
SM
MD
LG