Tautan-tautan Akses

Radiasi di PLTN Fukushima Hanya 100.000 Kali di Atas Normal


Para ahli medis yang akan menangani para pekerja PLTN yang terkena radiasi tiba di rumah sakit Fukushima (24/3).

Para ahli medis yang akan menangani para pekerja PLTN yang terkena radiasi tiba di rumah sakit Fukushima (24/3).

Para pejabat PLTN Fukushima meralat tingkat radiasi yang tadinya sempat dinyatakan mencapai 10 juta kali tingkat yang normal.

Para pejabat PLTN Fukushima yang rusak di Jepang mengatakan, tingkat radiasi yang tadinya dinyatakan mencapai 10 juta kali tingkat yang normal, ternyata hanya 100.000 kali lebih tinggi dari normal.

Keterangan itu dikeluarkan hari Minggu tidak lama setelah para petugas darurat diperintahkan keluar dari reaktor nomor-2 PLTN yang rusak itu, setelah tingkat radiasi tercatat sangat tinggi dalam air yang menggenang dalam sebuah turbin uap. Petugas pemadam kebakaran terus berusaha mendinginkan reaktor-reaktor yang lumpuh itu dengan menyemprotkan air tawar untuk mencegah keluarnya radiasi dari bahan-bahan bakar nuklir yang sangat panas.

Para pejabat juga mengatakan tingkat radioaktif air Lautan Pasifik dalam jarak 300 meter dari PLTN Fukushima tercatat tinggi, tapi belum membahayakan kehidupan hewan laut. Kata para pejabat, air laut akan melarutkan kontaminasi radioaktif itu dengan cepat.

Tingkat radiasi juga dilaporkan tinggi dalam air keran di Tokyo dan kawasan sekitarnya, selain juga ditemukan dalam susu dan tanaman segar yang berasal dari kawasan Fukushima. Sejumlah negara telah melarang import bahan pangan dari kawasan itu.

XS
SM
MD
LG