Tautan-tautan Akses

AS

Racun Mematikan Ditemukan pada Surat untuk Senator AS


Roger Wicker, senator Partai Republik dari negara bagian Mississippi, dalam sebuah konferensi pers di Gedung Capitol. (Foto: Dok)

Roger Wicker, senator Partai Republik dari negara bagian Mississippi, dalam sebuah konferensi pers di Gedung Capitol. (Foto: Dok)

Racun mematikan bernama risin ditemukan dalam surat yang ditujukan untuk senator Partai Republik, Roger Wicker.

Para pejabat Kongres Amerika mengatakan, sebuah surat yang ditujukan untuk Senator Partai Republik Roger Wicker dari negara bagian Mississippi terbukti positif mengandung racun mematikan risin.

Surat itu ditemukan di sebuah fasilitas penanganan surat dengan tujuan Gedung Capitol Amerika. Para pejabat mengatakan, surat itu terbukti positif mengandung risin dalam tiga uji terpisah.

Surat itu tidak akan mungkin pernah mencapai kantor Senator Wicker.

Risin sangat beracun sehingga setetes kecil saja bisa mematikan orang dewasa. Senyawa ini secara alami terdapat pada biji kesturi.

Penemuan Selasa (16/4) itu membangkitkan kenangan menyusul serangan teror 11 September 2001, ketika surat berisi anthraks bermunculan di kantor-kantor pos, kantor-kantor berita dan kantor-kantor Kongres Amerika. Ketika itu, lima orang tewas dan beberapa lainnya jatuh sakit.

FBI menyatakan serangan itu dilakukan seorang ilmuwan pemerintah yang kemudian melakukan aksi bunuh diri pada 2008.
XS
SM
MD
LG