Tautan-tautan Akses

Quartz Mungkin Mampu Simpan Memori Jutaan Tahun


Kapasitas penyimpanan digital yang ada sekarang harus diperbarui setiap lima sampai sepuluh tahun (foto: ilustrasi).

Kapasitas penyimpanan digital yang ada sekarang harus diperbarui setiap lima sampai sepuluh tahun (foto: ilustrasi).

Ilmuwan Inggris menemukan metode untuk menyimpan dan mengambil kembali data digital dalam ukuran besar yang bisa bertahan satu juta tahun lebih.

Kalangan ilmuwan Inggris mengatakan mereka telah menemukan sebuah metode untuk menyimpan dan mengambil kembali data digital dalam jumlah sangat besar yang bisa bertahan selama satu juta tahun lebih.

Dengan menggunakan pulsa sinar laser yang sangat pendek dan intens, tim periset di University of Southampton merakit struktur dalam kaca kuarsa yang dilebur yang bisa tahan suhu 1000 derajat Celcius.

Data itu, yang ditulis dalam tiga lapisan titik-titik terstruktur berukuran nanometer, dapat dibaca oleh mikroskop optik berlensa polarisasi. Satu nanometer sama dengan seper miliar meter.

Para ilmuwan mengatakan metode baru itu membuka kemungkinan pembuatan disket berkapasitas memori yang belum pernah ada, sebesar 360 terabyte, dan digunakan hampir untuk selamanya.

Kapasitas penyimpanan digital yang ada sekarang berdasarkan penyimpanan memori hard-drive harus diperbarui setiap lima sampai sepuluh tahun.

Teknologi baru ini memberi kemungkinan penyimpanan data untuk selamanya.

Penemuan ini dipresentasikan dalam Konferensi Laser dan Electro-Optic, di San Jose, California.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG