Tautan-tautan Akses

Qatar Siapkan 200 Miliar Dolar untuk Tuan Rumah Piala Dunia 2022


Pemain Qatar, Majed Mohammed (kanan) berebut bola dengan pemain Saudi, Nasser AlShamrani di stadion Doha, Qatar (24/4). Qatar menyiapkan 200 miliar dolar bagi Piala Dunia 2022.

Pemain Qatar, Majed Mohammed (kanan) berebut bola dengan pemain Saudi, Nasser AlShamrani di stadion Doha, Qatar (24/4). Qatar menyiapkan 200 miliar dolar bagi Piala Dunia 2022.

Qatar, negara kaya minyak dan gas, berencana mengeluarkan 200 miliar dolar selama dekade berikutnya sebagai persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sebuah laporan dari Deloitte, perusahaan konsultan keuangan, mengatakan Qatar, negara kaya minyak dan gas, berencana mengeluarkan 200 miliar dolar selama dekade berikutnya sebagai persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Laporan, yang dirilis hari Selasa, mengatakan $ 140 miliar dari dana itu akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur transportasi, termasuk airport baru, jalan-jalan dan sistem transportasi kereta dalam kota yang akan melayani 400.000 fans dalam turnamen yang diperkirakan berlangsung selama sebulan.

Sebesar 20 miliar dolar lainnya digunakan bagi infrastruktur pariwisata, karena negara Teluk Persia itu memperkirakan jumlah wisatawan akan mencapai 3,7 juta per tahun pada tahun 2022.

Qatar ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia bulan Desember 2010, mengalahkan Amerika, Australia, Jepang dan Korea Selatan. Itu merupakan pilihan mengejutkan mengingat suhu musim panas di negara gurun itu bisa melebihi 40 derajat Celcius.

Sementara itu, Dubai dianggap sebagai rumah kedua bagi ikon sepakbola Agentina, Diego Maradona. Ia mengatakan senang ditugaskan selama satu tahun sebagai duta global bagi kota di Teluk Arab pecinta olahraga itu.

Maradona dipecat sebagai pelatih klub Al Wasl yang berbasis di Dubai setelah bertugas hanya satu musim. Ia melakukan berbagai lawatan tahun lalu ke seluruh dunia sebagai duta Dewan Olahraga Dubai. Dewan itu mengumumkan hari Selasa akan memperpanjang kontraknya, tetapi tidak memberi rincian tentang nilai kontrak yang dibayarkan kepada pesohor sepak bola itu.

Selain mempromosikan olahraga di Dubai, Maradona akan mengawasi akademi sepakbola di kota yang itu untuk meningkatkan kualitas sepak bola di seluruh Uni Emirat Arab. Maradona memuji sepakbola UEA namun mengatakan “gairah” dan kecintaan terhadap olah raga itu masih kurang.
XS
SM
MD
LG