Tautan-tautan Akses

Pyongyang Buka Tempat Wisata di Gunung Kumgang bagi Investor Asing


Air terjun Kuryong yang terletak di obyek wisata Gunung Kumgang di Korea Utara, tak jauh perbatasan Korea Selatan.

Air terjun Kuryong yang terletak di obyek wisata Gunung Kumgang di Korea Utara, tak jauh perbatasan Korea Selatan.

Kebijakan baru Korut itu mengakhiri monopoli sebuah perusahaan Korsel yang selama ini mengoperasikan wisata di Gunung Kumgang.

Korea Utara telah memperkenalkan undang-undang baru yang akan memungkinkan investor asing menanam modal di sebuah tempat wisata di gunung yang dulu dioperasikan hanya oleh sebuah perusahaan Korea Selatan.

Undang-undang tersebut menghendaki agar Gunung Kumgang diubah menjadi sebuah zona khusus untuk pariwisata internasional. Undang-undang itu juga mengakhiri monopoli perusahaan Hyundai Asan atas tempat wisata itu.

Gunung Kumgang dikunjungi banyak wisatawan Korea Selatan sampai tahun 2008, ketika seorang perempuan Korea Selatan tewas ditembak oleh seorang penjaga perbatasan Korea Utara. Seoul menghentikan perjalanan wisata itu sebagai tanggapan atas insiden itu, yang menyebabkan Korea Utara yang miskin itu kehilangan pemasukan jutaan dolar.

Ketegangan antara Seoul dan Pyongyang semakin buruk dalam beberapa bulan belakangan ini, setelah peristiwa penenggelaman sebuah kapal perang Korea Selatan. Seoul menuding serangan atas kapal Cheonan itu dilakukan oleh rezim komunis Korut. Hubungan terus memburuk akibat serangan oleh Korea Utara terhadap sebuah pulau di perbatasan beberapa bulan kemudian.

XS
SM
MD
LG