Tautan-tautan Akses

Pyongyang Boikot Kompetisi Olahraga Universitas di Korea Selatan


Suasana di laboratorium komputer di Kim Il Sung University di Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Dok)

Suasana di laboratorium komputer di Kim Il Sung University di Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Dok)

Korea Utara mengatakan kepada Federasi Olahraga Universitas bahwa negara itu tidak akan menghadiri pertandingan tersebut karena diadakannya peresmian kantor HAM PBB di Seoul pekan ini.

Pemerintah di Seoul mengatakan Korea Utara telah membatalkan rencana untuk menghadiri pertandingan olahraga antar universitas di Korea Selatan bulan depan.

Korea Utara sebelumnya mengatakan kepada penyelenggara dari Korea Selatan bahwa Pyongyang ingin mengirimkan sebuah tim ke perhelatan olahraga itu di kota Gwangju.

Kementerian Unifikasi hari Senin (22/6) mengatakan Korea Utara mengatakan kepada Federasi Olahraga Universitas bahwa negara itu tidak akan menghadiri pertandingan tersebut karena diadakannya peresmian kantor HAM PBB di Seoul pekan ini.

Kementerian itu mengatakan Korea Utara juga menyebut apa yang dikatakannya konfrontasi militer bermusuhan antara kedua negara Korea tersebut.

Korea Utara pernah memboikot Asian Games 1986 dan Olimpiade Musim Panas 1988, keduanya diselenggarakan Seoul, tetapi setelah itu menghadiri beberapa acara lainnya di Korea Selatan, termasuk Asian Games di Incheon tahun lalu.

XS
SM
MD
LG