Tautan-tautan Akses

Putri Sahabat Presiden Korea Selatan Ditangkap di Denmark


Poster-poster parodi cemoohan untuk Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, di Seoul, Korea Selatan (27/12). (AP/Ahn Young-joon)

Akhir pekan lalu polisi Denmark menangkap putri Choi Soon-sil, Chung Yoo-ra, dengan tuntutan berada di negara itu secara ilegal.

Tim jaksa Korea Selatan hari Senin (2/1) mengatakan putri orang kepercayaan Presiden Park Geun-hye telah ditangkap di Denmark, dan pihak berwenang sedang mengupayakan pemulangannya terkait skandal korupsi besar-besaran.

Park dimakzulkan oleh parlemen bulan lalu di tengah meluasnya kemarahan publik akibat tuduhan jaksa bahwa presiden telah berkonspirasi untuk mengijinkan sahabatnya sejak lama, Choi Soon-sil, memeras perusahaan-perusahaan dan mengendalikan pemerintah.

Akhir pekan lalu polisi Denmark menangkap putri Choi, Chung Yoo-ra, dengan tuntutan berada di negara itu secara ilegal.

Korea Selatan telah meminta Interpol untuk mencari Chung karena tidak kembali ke Seoul untuk menjawab pertanyaan tentang skandal itu.

Kantor berita Yonhap melaporkan Chung, yang mantan anggota tim berkuda Korea Selatan, dituduh telah memanfaatkan hubungan ibunya dengan Park untuk mendapatkan keistimewaan dari Universitas Ewha Womans di Seoul. [em]

XS
SM
MD
LG