Tautan-tautan Akses

Putra Mahkota Thailand Ingin Hapus Nama Kerajaan Keluarga Istrinya


Putra Mahkota Thailand Pangeran Maha Vajiralongkorn

Putra Mahkota Thailand Pangeran Maha Vajiralongkorn

Putra Mahkota Thailand Pangeran Maha Vajiralongkorn meminta pemerintah Thailand untuk menghapus nama kerajaan dari keluarga istrinya. Langkah ini dilakukan setelah sedikitnya tujuh dari kerabat dekat sang isteri ditahan pekan lalu karena dugaan korupsi.

Penyelidikan korupsi ini menjadi sorotan nasional di Thailand di mana kehidupan pribadi keluarga kerajaan biasanya dirahasiakan. Namun banyak pertanyaan masih tak terjawab karena hukum anti-defamasi kerajaan yang dikenal sebagai lese majeste bisa menjatuhkan hukuman penjara hingga 15 tahun bagi mereka yangmenghina kerajaan.

Putri Srirasmi Akrapongpreecha merupakan isteri ketiga sang pangeran. Pasangan ini menikah pada 2001. Aksi tegas yang diambil sang pangeran diduga keras sebagai langkah pertama dari perceraian keduanya.

Sebelumnya sudah merebak kabar bahwa sang pangeran sudah menjauh dari istrinya itu. Meski demikian, mereka masih tetap menghadiri acara resmi bersama.

Adanya dugaan keterlibatan keluarga dari Putri Srirasmi sudah tersebar luas di Thailand dalam 10 tahun terakhir. Namun baru tahun ini kasus itu mulai terkuak lebar.

Paman dari sang putri, seorang jenderal polisi senior, ditahan atas tuduhan menghimpun kekayaan lewat penyelundupan dan perjudian. Selain itu, empat saudara dan dua kerabat Putri Srirasmi lainnya juga sudah ditahan.

Kejatuhan Putri Srirasmi yang dramatis terjadi pada saat yang sensitif, yakni saat Raja Bhumibol Adulyadej yang saat ini berusia 86 tahun, sedang sakit-sakitan.

XS
SM
MD
LG