Tautan-tautan Akses

Putin: Rusia Tak Mau Dipaksa Sanksi Barat


Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Rusia (14/10).

Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Rusia (14/10).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ketegangan antara Moskow dan Washington karena krisis Ukraina, telah mengancam kestabilan strategis, dan negaranya tidak mau dipaksa oleh sanksi Barat.

Komentar Presiden Rusia Vladimir Putin yang diberitakan hari Rabu (15/10) di Moskow, muncul dalam harian Serbia, Politika, menjelang kunjungan singkat Putin ke Beograd hari Kamis (16/10).

Dalam wawancara yang panjang, ia menyebut sanksi Barat yang sedang berjalan terhadap Moskow tindakan gegabah, dan ia menyebut protes di Kyiv yang menggulingkan presiden pro-Rusia Ukraina awal tahun ini, sebagai kudeta yang melanggar undang-undang dasar.

Wawancara Putin itu diadakan sebelum pembicaraan penting antara pemimpin Rusia itu dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, yang dijadwalkan hari Jumat (17/10) di sela-sela pertemuan puncak Asia-Eropa di Milan, Italia.

Poroshenko mengatakan pekan lalu pembicaraan itu kemungkinan akan mencakup para pemimpin Barat lain, dan mengatakan pembicaraan itu dapat menghasilkan dilanjutkannya pemasokan gas alam Rusia ke negaranya yang bergantung pada energi itu.

XS
SM
MD
LG