Tautan-tautan Akses

Putin Tamu VIP KTT G20 di China


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dalam pertemuan di Beijing, Juni 2016.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dalam pertemuan di Beijing, Juni 2016.

Para analis mengatakan rencana Putin untuk bertemu dengan para pemimpin dunia adalah untuk memperlunak kecaman Barat terhadap intervensi militernya di Ukraina.

Sementara para pemimpin dunia menuju kota Hangzhou, China untuk pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi kelompok G20, seorang diplomat China mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menjadi tamu nomor satu.

Meski demikian, Putin sudah mengisyaratkan bahwa ia berencana untuk membahas isu-isu geopolitik pada KTT itu dan kemungkinan mengabaikan harapan China untuk menetapkan fokus utama perundingan utama pada ekonomi dan lingkungan.

Media Rusia melaporkan Putin merencanakan bertemu dengan beberapa pemimpin dunia yang mungkin termasuk Presiden AS Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri India Narendra Modi, selain Presiden China Xi Jinping.

Tindakan ini bisa meremehkan upaya China yang menganggap Rusia sebagai sahabat dekat dan upayanya untuk mengurangi apa yang dianggap China pengaruh Barat yang terlalu besar pada G20.

Para analis mengatakan tujuan Putin bertemu dengan para pemimpin dunia adalah untuk memperlunak kecaman Barat terhadap intervensi militernya di Ukraina.

Para analis juga mengatakan China pada dasarnya percaya Rusia menjadi sangat tergantung pada dukungan China karena masalah-masalah ekonominya yang diperparah dengan jatuhnya harga energi dan isolasi oleh Barat sejak krisis Ukraina.

Tapi Putin sekarang menunjukkan ia bisa memperluas pengaruhnya berhubungan dengan negara-negara seperti Jepang yang dianggap China sebagai saingan. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG