Tautan-tautan Akses

Mantan Dubes AS: Putin Tak Berminat Selesaikan Konflik Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko di Minsk, Belarus (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko di Minsk, Belarus (foto: dok).

Mantan Dubes AS untuk Rusia, Michael McFaul Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berminat untuk menyelesaikan konflik di Ukraina.

Mantan duta besar Amerika untuk Rusia Michael McFaul mengatakan kepada VOA Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berminat untuk menyelesaikan konflik di Ukraina karena sesuai dengan kepentingannya.

McFaul hari Kamis (9/4) mengatakan Putin menyukai konfrontasi militer ringan dan tidak tuntas di bekas republik Soviet itu karena berhasil meremehkan pemerintah Ukraina.

Mantan diplomat Amerika itu mengatakan konflik ini tidak akan berubah karena tidak seperti Mikhail Gorbachev, Putin menganggap Amerika sebagai musuh.

Ketika ditanya mengenai apa yang dikatakan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan pejabat-pejabat lainnya di Rusia sebagai “propaganda terang-terangan yang anti Rusia” McFaul mengatakan Amerika belum pernah terlibat dalam kegiatan yang secara langsung menentang pemerintah Putin, yang disebutnya bisa kontra produktif.

McFaul mengatakan “Putin ingin menggambarkan Amerika sebagai musuh. Jadi tidak ada diplomasi yang akan mengubah hal itu”. Ia mengatakan Amerika harus terlibat dalam menyampaikan pendapatnya mengenai tujuan-tujuan demokratis.

Lebih dari enam ribu warga sipil, pemberontak dan tentara Ukraina tewas di Ukraina timur sejak pertempuran pecah antara pemerintah dan pasukan separatis setahun yang lalu.

XS
SM
MD
LG