Tautan-tautan Akses

Putin: Rusia Dukung Kelompok Oposisi Suriah yang Didukung Barat


Seorang anggota Laskar Pembebasan Suriah (FSA) menginjak gambar Presiden Bashar al-Assad di kota Tal Abyad dekat perbatasan Turki (foto: dok).

Seorang anggota Laskar Pembebasan Suriah (FSA) menginjak gambar Presiden Bashar al-Assad di kota Tal Abyad dekat perbatasan Turki (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Jumat (11/12), untuk pertama kalinya Rusia memberi perlindungan dari udara, senjata dan pasokan lain kepada Laskar Pembebasan Suriah (FSA).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Rusia sekarang mendukung sebuah kelompok oposisi utama yang didukung Barat, dalam operasi gabungan bersama pasukan Suriah melawan militan ISIS.

Dalam pertemuan dengan pejabat Kementerian Pertahanan Rusia Jumat (11/12), Putin mengatakan, untuk pertama kalinya Rusia memberi perlindungan dari udara, senjata dan pasokan lain kepada Laskar Pembebasan Suriah atau FSA, yang sejak lama memerangi tentara Suriah.

Seandainya pernyataan ini bisa dikonfirmasi, maka ini merupakan peralihan besar oleh Rusia, yang selama ini dituduh oleh koalisi pimpinan Amerika menyerang pembrontak moderat dalam upaya mendukung Presiden Bashar al-Asad.

Tidak ada konfirmasi dari Tentara Suriah Bebas, yang dibom bulan lalu oleh Rusia.

Kata Putin, kapal tempur Rusia menyediakan perlindungan udara dan pasokan baik untuk FSA maupun pasukan pemerintah, yang katanya telah bersatu dalam memerangi ISIS.

Putin mengatakan beberapa satuan yang berjumlah lebih dari 5.000 tentara kini terlibat dalam ofensif melawan “teroris” di provinsi Homs, Hama, Aleppo, dan Raqqa. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG