Tautan-tautan Akses

Putin: Rusia akan Terima Hasil Pemilu Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dalam Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg 2014 (SPIEF 2014) di St. Petersburg, 23/5/2014.

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dalam Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg 2014 (SPIEF 2014) di St. Petersburg, 23/5/2014.

Presiden Rusia Vladimir Putin Jumat mengatakan bahwa Rusia akan “menghormati” hasil pemilihan presiden di negara tetangganya, Ukraina, pada hari Minggu.

Berbicara pada forum ekonomi internasional di St. Petersburg, Putin menegaskan pemerintahnya bekerjasama dengan mereka yang sedang berkuasa di Kiev dan akan bekerja sama dengan pemimpin baru yang terpilih berdasarkan pemilihan presiden di sana.

Tetapi ia menambahkan bahwa ia berharap pemilihan itu akan segera diikuti oleh penghentian semua aksi militer dan dimulainya dialog.

Putin juga mengatakan sanksi-sanksi Barat terhadap Rusia, yang diberlakukan setelah Rusia menganeksasi kawasan Krimea, Ukraina, berdampak terhadap bisnis Rusia. Ia memperkirakan sanksi-sanksi itu pada akhirnya akan menjadi bumerang bagi negara-negara yang memberlakukannya.

Secara khusus, ia menyebut sanksi Amerika terhadap Rusia, dengan berspekulasi bahwa tindakan itu dimaksudkan untuk meraih keunggulan yang kompetitif dengan Rusia dalam memperebutkan bisnis Eropa.

Namun, presiden Rusia itu mengatakan bahwa ia optimistis dalam menyelesaikan krisis di Ukraina dan meyakini bahwa penyelesaian itu akan memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat.

Penjabat Presiden Ukraina Oleksandr Turchynov, yang tidak mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, Jumat mengatakan, rakyat Ukraina tidak akan membiarkan siapapun untuk mengubah negara mereka menjadi “bagian dari kekaisaran pasca-Soviet”,

Dua puluh satu kandidat bersaing hari Minggu dalam pemilihan presiden Ukraina. Pengusaha milyuner Petro Poroshenko dan mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko unggul dalam berbagai jajak pendapat. Jika tidak seorang pun meraih suara mayoritas pada hari Minggu, pemilihan babak ke-dua dijadwalkan berlangsung pada 15 Juni.
XS
SM
MD
LG