Tautan-tautan Akses

Putin Berunding soal Ukraina di KTT Asia-Eropa


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) mengadakan pembicaraan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel soal Ukraina di Milan (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) mengadakan pembicaraan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel soal Ukraina di Milan (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin Kamis (16/10) mengadakan serangkaian pembicaraan dengan sejawat-sejawat Eropa-nya selama KTT Asia-Eropa di Milan, Italia.

Krisis yang sedang berlangsung di Ukraina akan mendominasi agenda KTT Asia-Eropa, yang mulai berlangsung Kamis di Milan, Italia.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan serangkaian pembicaraan dengan sejawat-sejawat Eropa-nya selama KTT dua hari itu.

Putin memulai pembicaraan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel setelah kedatangannya hari Kamis (16/10) dari Serbia. Ia kemudian berpartisipasi dalam pertemuan sarapan pagi dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan para pemimpin Eropa lainnya.

Pembicaraan kemungkinan akan terfokus pada gencatan senjata yang rapuh di Ukraina timur antara pasukan pemerintah dan pemberontak pro-Rusia, serta dimulainya kembali pengiriman gas alam Rusia ke Ukraina.

Moskow menghentikan pengiriman gas ke tetangganya itu bulan Juni karena menurut Moskow Ukraina belum membayar utang energi senilai lebih dari 5 miliar dolar.

Pertikaian itu dapat juga mempengaruhi pengiriman gas alam Rusia ke Uni Eropa pada musim semi mendatang.

XS
SM
MD
LG