Tautan-tautan Akses

Putin Resmi Ceraikan Istrinya Lyudmila


Presiden Rusia Vladimir Putin bersama istrinya Lyudmila dalam sebuah misa gereja di Moskow, 2012.

Presiden Rusia Vladimir Putin bersama istrinya Lyudmila dalam sebuah misa gereja di Moskow, 2012.

Putin dan istrinya mengumumkan bahwa pernikahan mereka telah berakhir Juni lalu, mengukuhkan spekulasi lama bahwa mereka telah berpisah.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah secara resmi menceraikan istrinya Lyudmila setelah menikah lebih dari 30 tahun, menurut juru bicara Kremlin, Rabu (2/4), menyusul pengumuman mengenai perpisahan mereka yang mengejutkan tahun lalu.

"Perceraian telah resmi," ujar Dmitry Peskov, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Putin dan istrinya mengumumkan bahwa pernikahan mereka telah berakhir Juni lalu dalam siaran langsung pada televisi pemerintah Rusia, mengukuhkan spekulasi lama bahwa mereka telah berpisah.

Kremlin menyatakan pada waktu itu bahwa perpisahan belum terjadi secara resmi.

Mantan mata-mata KGB berusia 61 tahun itu menyimpan kehidupan pribadinya rapat-rapat dan sedikit sekali yang diketahui publik mengenai istri dan dua putri mereka, keduanya berusia 20an.

Pada 2008, Putin menepis laporan sebuah surat kabar bahwa ia akan menikahi pesenam ritmik Olimpiade Alina Kabayeva, yang lahir pada 1983, atau tahun yang sama ia menikahi Lyudmila.

Putin meminta para jurnalis untuk menjauhkan diri dari urusan pribadinya dan surat kabar dengan laporan tersebut, Moskovsky Korrespondent, tutup tak lama kemudian.

Kabayeva, salah satu pembawa obor pada upacara pembukaan Olimpiade Sochi Februari, juga menyangkal hubungan dengan Putin. (Reuters)
XS
SM
MD
LG