Tautan-tautan Akses

Putin Rayakan HUT ke-63 dengan Main Hoki, Bahas Suriah


Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki Alexadrovsky Hall untuk memimpin rapat Dewan Presiden untuk Masyarakat Sipil dan HAM di Moskow, Rusia (1/10).

Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki Alexadrovsky Hall untuk memimpin rapat Dewan Presiden untuk Masyarakat Sipil dan HAM di Moskow, Rusia (1/10).

Ia menyarangkan tujuh gol dan timnya, yang termasuk menteri pertahanan dan sekelompok bintang Liga Hoki Nasional (NHL), menang 15-10.

Presiden Rusia Vladimir Putin merayakan ulang tahun ke-63 hari Rabu (7/10) di resor Laut Hitam kegemarannya di Sochi, dengan ambil bagian dalam pertandingan hoki dan rapat kampanye militer negaranya di Suriah.

Stasiun televisi negara memperlihatkan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memberitahu Putin bahwa militer Rusia telah menghantam 112 target di Suriah sejak memulai serangan udara Rabu lalu, dan bahwa rudal-rudal kapal laut telah ditembakkan semalam dari kapal-kapal perang Rusia di Laut Kaspia terhadap militan-militan Islamis di Suriah.

"Kami telah melakukannya dari Laut Kaspia dari jarak sekitar 1.500 kilomter, dengan senjata-senjata presisi tinggi dan menghantam semua target kita, yang tentu saja mencerminkan persiapan baik dari kompleks industri militer kita," ujar Putin.

Pemimpin Rusia tersebut kemudian ambil bagian dalam pertandingan hoki es di sebuah arena yang digunakan dalam Olimpiade Musim Dingin 2014, dan berhasil menyarangkan tujuh gol. Disemangati oleh para penonton, timnya, yang termasuk menteri pertahanan dan sekelompok bintang Liga Hoki Nasional (NHL), menang 15-10.

Tim lawan yang kalah termasuk teman-teman lama Putin, termasuk beberapa di antaranya para pengusaha paling kaya di Rusia.

Acara tersebut merupakan yang terbaru dari banyak kesempatan untuk menunjukkan kebugaran fisik dan kejayaan Putin, bagian dari kampanye panjang Kremlin untuk menunjukkan pada para pemilih bahwa Putin merupakan orang yang tepat untuk memimpin negara.

Berseragam hoki es dengan warna-warna bendera Rusia, televisi pemerintah memperlihatkan Putin berbicara pada penonton dan sesama pemain di arena.

"Ia yang bertindak dan mengejar kemenangan tidak diragukan lagi akan mencapai kejayaan. Semoga berhasil, semuanya!" ujarnya.

Juru bicara Putin mengatakan pemimpin Rusia itu akan melakukan perayaan "sederhana" setelah pertandingan dengan sesama pemain sebelum barangkali menghabiskan malam dengan para sahabat dan orang-orang tercinta.

"My Best Friend", lagu baru dari dua rapper terkenal Rusia yang didedikasikan untuk ulang tahun Putin dan sebuah video yang diambil di Lapangan Merah Moskow dengan segera menarik lebih dari setengah juta penonton di YouTube. Lagu itu memuji pemimpin Rusia itu sebagai "pahlawan super."

Putin, berkuasa sejak tahun 2000, dipilih kembali menjadi presiden tahun 2012. Ia dapat dipilih kembali tahun 2018 untuk menduduki jabatan enam tahun lagi, yang akan membuatnya menjabat sampai 2024 jika dipilih kembali. [hd/eis]

XS
SM
MD
LG