Tautan-tautan Akses

Putin, Poroshenko Bahas Solusi Damai di Ukraina Timur


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Poroshenko Rabu 15/10 (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Poroshenko Rabu 15/10 (foto: dok).

Pembicaraan telepon antara Presiden Putin dengan Presiden Poroshenko juga membahas sengketa gas alam antara Rusia-Ukraina.

Kremlin mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin membahas pilihan-pilihan bagi penyelesaian damai di Ukraina timur dengan sejawatnya dari Ukraina menjelang pembicaraan yang diperpanjang di Milan pekan ini.

Pembicaraan telepon dengan Presiden Petro Poroshenko juga membahas sengketa gas alam yang sedang berlangsung antara kedua negara itu, yang tumpang tindih dengan konflik yang berlangsung di sepanjang perbatasan mereka, di mana separatis pro-Rusia berseteru dengan pasukan pemerintah.

Menlu AS John Kerry, Selasa, menyerukan penarikan mundur semua pasukan asing dari Ukraina Timur, setelah pertemuan di Paris dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Menjelang KTT para pemimpin Eropa dan Asia di Milan, Kamis dan Jumat, Putin memerintahkan lebih dari 17 ribu tentara untuk mundur dari sebuah kawasan dekat perbatasan Ukraina sebelumnya pekan ini.

Rusia terus menerus membantah keberadaan pasukannya di wilayah Ukraina, di mana para pemimpin separatis mengatakan mereka sedang dibantu pasukan Rusia.

XS
SM
MD
LG