Tautan-tautan Akses

Putin Perintahkan Pasukan Rusia Ditarik dari Perbatasan


Pasukan Rusia menjaga kota Simferopol, di Krimea yang diambil alih oleh Rusia (27/3).

Pasukan Rusia menjaga kota Simferopol, di Krimea yang diambil alih oleh Rusia (27/3).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Kanselir Jerman Angela Merkel bahwa ia telah memerintahkan penarikan sebagian pasukan Rusia dari perbatasan dengan Ukraina.

Juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel hari Senin (31/3) mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan “penarikan sebagian” tentara dari perbatasan timur dengan Ukraina.

Amerika memperkirakan Rusia memiliki 40.000 tentara di perbatasan itu, sementara Ukraina mengatakan angkanya mendekati 100.000.

Kementrian Pertahanan Rusia hari Senin mengatakan sebuah batalion infanteri mulai bergerak mundur dari kawasan itu.

Kantor berita Perancis mengutip seorang jurubicara kepala staf kementrian pertahanan Ukraina bahwa pasukan Rusia “mulai mundur secara bertahap” dari kawasan perbatasan itu dalam beberapa hari ini. Ia menambahkan hal itu mungkin karena “rotasi rutin” atau terkait “negosiasi Rusia-Amerika.”

Kementrian Luar Negeri Amerika mengatakan, jika hal itu benar, Amerika akan menyambut baik dan prosesnya harus dipercepat.

Jurubicara Merkel juga mengatakan kanselir itu dan Presiden Putin juga membahas “berbagai kemungkinan langkah lain untuk menstabilkan situasi” di Ukraina.

Percakapan telpon Merkel dan Putin itu dilakukan sehari setelah Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menuntut agar Rusia menarik mundur ribuan pasukannya yang digelar di perbatasan dengan Ukraina.
XS
SM
MD
LG