Tautan-tautan Akses

Putin Peringatkan Hati-hati untuk Persenjatai Pemberontak Suriah


Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Barat supaya berhati-hati dalam mempersenjatai pemberontak Suriah (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Barat supaya berhati-hati dalam mempersenjatai pemberontak Suriah (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat supaya berhati-hati dalam memberikan bantuan senjata kepada pemberontak Suriah.

Ketika tiba di London dalam perjalanannya ke Irlandia utara untuk menghadiri konferensi puncak G-8 hari Minggu (16/6), Presiden Rusia Vladimir Putin mempertanyakan, apakah perlu memberi senjata kepada orang-orang yang merobek tubuh musuhnya dan memakan isinya. Putin agaknya merujuk pada video yang menunjukkan seorang pemberontak membelah dada mayat tentara Suriah dan mengambil serta menggigit jantungnya.

Putin mengatakan kelakuan seperti itu tidak ada hubungannya dengan nilai-nilai kemanusiaan warga Eropa. Pemerintah Amerika minggu lalu mengatakan punya bukti bahwa Suriah menggunakan senjata kimia terhadap lawan-lawannya dan akan mengirim bantuan senjata langsung kepada pemberontak.

Tapi Amerika tidak menjelaskan bantuan senjata seperti apa yang akan dikirim itu. pemerintah Rusia sejak lama telah mengirim senjata ke Suriah, tapi katanya itu sesuai dengan kontrak-kontrak yang telah dibuat sebelumnya.

Pemerintah Rusia dan Amerika sedang mengusahakan sebuah konferensi perdamaian internasional tentang Suriah, tapi tempat dan waktunya belum ditentukan.

PBB mengatakan perang saudara di Suriah telah menewaskan kira-kira 93.000 orang dalam dua tahun terakhir. Kebanyakan korban adalah warga sipil.
XS
SM
MD
LG