Tautan-tautan Akses

Putin Beri Paspor Rusia pada Aktor Steven Seagal


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) memegang paspor Rusia sebelum memberikannya kepada aktor AS Steven Seagal dalam pertemuan di Kremlin, Moskow (25/11).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) memegang paspor Rusia sebelum memberikannya kepada aktor AS Steven Seagal dalam pertemuan di Kremlin, Moskow (25/11).

Seagal adalah selebriti Barat terbaru yang telah diberi paspor Rusia. Tahun 2013, aktor Perancis Gerard Depardieu, diberikan kewarganegaraan oleh Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan paspor Rusia kepada aktor Amerika Steven Seagal Jumat lalu (25/11) dan mengatakan ia berharap hal itu akan menjadi simbol bagaimana hubungan Moskow dan Washington mulai membaik.

Pada sebuah upacara di Kremlin dimana Seagal menandatangani paspornya di depan Putin, pemmpin Rusia itu mengatakan: "Saya ingin memberi selamat kepada anda dan mengutarakan harapan bahwa hal ini merupakan isyarat lain, meski kecil, dan mungkin tanda dari normalisasi bertahap hubungan antara negara kita."

Ketika Putin bertanya apa kabarnya, aktor itu menjawab "semuanya baik. Kita akan bicara nanti. Untuk saat ini saya merasa terhormat ada di sini."

Putin, penggemar seni bela diri yang seringkali dipraktikkan oleh Seagal dalam film-film laga Hollywood, menandatangani perintah pada awal bulan ini untuk memberikan kewarganegaraan Rusia pada Seagal.

Pada saat itu, juru bicara Kremlin mengatakan Seagal "memiliki perasaan hangat terhadap Rusia" dan statusnya sebagai selebriti adalah alasan untuk memberikan kewarganegaraan itu.

Selama lebih dari satu dekade, Seagal, yang menurut lamannya berusia 64 tahun, telah menjadi pengunjung rutin Rusia. Film-filmnya, termasuk dengan judul-judul "Under Siege" dan "Sniper: Special Ops," populer di kalangan penonton Rusia.

Seagal adalah selebriti Barat terbaru yang telah diberi paspor Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2013, aktor Perancis Gerard Depardieu, diberikan kewarganegaraan oleh Putin.

Dalam dua tahun terakhir, hubungan Rusia dan Washington memburuk ke tingkat terendah sejak Perang Dingin akibat konflik bersenjata di Ukraina dan Suriah, di mana Moskow dan Washington mendukung pihak-pihak yang bermusuhan.

Putin telah mengutarakan harapan bahwa, dengan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS berikutnya, hubungan-hubungan itu akan membaik. Putin telah memuji kualitas-kualitas pribadi Trump, dan presiden AS terpilih itu mengatakan ia ingin hubungan yang bersahabat. [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG