Tautan-tautan Akses

Putin Menangkan Pemilihan Presiden di Rusia


Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin memenangkan pemilu Rusia 2012 (4/3)

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin memenangkan pemilu Rusia 2012 (4/3)

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mencapai kemenangan yang memastikan dalam pemilihan presiden hari Minggu untuk mengklaim kembali jabatan yang pernah ia pegang dari tahun 2000 sampai 2008.

Dalam penampilannya di hadapan puluhan ribu orang pendukungnya di luar Kremlin, Putin dengan mencucurkan air mata mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya karena menolongnya mencegah negara jatuh ke tangan musuh yang berusaha merebut kekuasaan. Ia mengatakan ia telah memenangkan perjuangan yang terbuka dan jujur.

Para tokoh oposisi menyatakan pemilihan itu curang dan mengatakan mereka berencana melakukan protes massa hari Senin di Moskow dan kota-kota besar lain Rusia. Tetapi Putin tetap menyatakan kemenangan, dengan mengatakan kepada khalayak ramai “Saya telah berjanji kepada kalian kita akan menang dan kita telah menang! Hidup Rusia."

Hasil survey orang yang baru memberi suara dan hasil penghitungan sebagian kertas suara menunjukkan bahwa Putin akan memenangkan kira-kira 59 persen dari jumlah suara, lebih dari cukup untuk menghindarkan pemilihan babak kedua.

Saingan terdekatnya, ketua Partai Komunis Gennady Zyuganov, nomor dua yang jauh di belakang dengan 17 persen suara, sementara tokoh nasionalis Vladimir Zhirinovsky, milyarder Mikhail Prokhorov dan bekas sekutu Putin Sergei Mironov hanya memperoleh di bawah 10 persen

Hasil penghitungan semua suara diperkirakan akan selesai hari Senin.

Tiga orang polisi tewas dalam serangan terhadap TPS di Republik Dagestan, Kaukasus hari Minggu. Seorang pejabat setempat mengatakan pria itu tewas akibat tembak-menembak dengan orang-orang yang menyerang beberapa jam setelah TPS ditutup.

XS
SM
MD
LG