Tautan-tautan Akses

Putin: Krisis Membawa Ukraina Menuju Perang Saudara


Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh pemerintah Ukraina menempuh jalan "anti-konstitusional" dengan menggunakan kekerasan terhadap para demonstran pro-Rusia di 10 kota di Ukraina tenggara.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan krisis yang semakin berkembang di Ukraina telah membawa negara itu ke jurang perang saudara. Kremlin mengatakan Putin mengatakan demikian dalam percakapan telepon hari Selasa (15/4) dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Presiden Putin menuduh pemerintah Ukraina menempuh jalan "anti-konstitusional" dengan menggunakan kekerasan terhadap para demonstran pro-Rusia yang telah mengambil alih gedung-gedung resmi di 10 kota di Ukraina tenggara.

Kremlin mengatakan para pemimpin Rusia dan Jerman berharap pembicaraan hari Kamis (17/4) di Jenewa antara Uni Eropa, Rusia, Ukraina, dan Amerika Serikat, akan memperlihatkan pentingnya menemukan solusi damai.

Saksi di kota Ukraina Sloviansk dekat perbatasan Rusia mengatakan enam kendaraan lapis baja yang mengibarkan bendera Rusia telah memasuki kota itu.
Sejumlah pria bersenjata duduk di atas kendaraan-kendaraan itu, melambaikan tangan kepada orang-orang di jalan-jalan. Sementara itu, orang-orang bersenjata pro Rusia telah menduduki kantor walikota dan gedung dewan kota di Donetsk.

Ukraina meluncurkan apa yang mereka sebut operasi anti-teroris di Sloviansk dan kota-kota lain hari Selasa untuk merebut kembali gedung-gedung pemerintah diduduki oleh kelompok pro-Rusia.

Ada laporan yang berbeda mengenai apakah tembakan dilepaskan dan apakah ada korban, dan siapa tang menguasai tempat tertentu.
XS
SM
MD
LG