Tautan-tautan Akses

Putin Kecam Campur Tangan AS dalam Penangkapan Pejabat FIFA


Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam campur tangan AS dalam penangkapan pejabat FIFA (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam campur tangan AS dalam penangkapan pejabat FIFA (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin Kamis (28/5) menyebut kasus FIFA itu merupakan contoh campur tangan Amerika dalam urusan luar negeri.

Presiden Rusia Vladimir Putin Kamis (28/5), mengecam Amerika atas tuduhan korupsi yang diajukan Amerika terhadap para pejabat Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), dengan menyebut kasus itu merupakan usaha Amerika untuk memperluas yurisdiksinya ke negara-negara lain.

Putin, dalam komentarnya di televisi mengatakan, Amerika juga berusaha mencegah keterpilihan kembali presiden FIFA Sepp Blatter. Pemilihan dijadwalkan akan berlangsung Jumat di mana Blatter akan menghadapi satu pesaingnya dalam usaha merebut masa jabatan kelima.

Rusia akan menjadi tuan rumah kegiatan utama FIFA mendatang, yakni Piala Dunia pada 2018.

Pernyataan Putin serupa dengan pesan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri Rusia hari Rabu, yang menyebut kasus itu sebagai penerapan hukum Amerika di luar wilayahnya yang legal.

Belum ada tanggapan Amerika atas pernyataan Putin tersebut.

Memberikan kesempatan pada Rusia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, adalah bagian dari penyelidikan Swiss atas dugaan kekeliruan pengelolaan dan pencucian uang.

XS
SM
MD
LG