Tautan-tautan Akses

Putin Ingin Tingkatkan Bisnis Antariksa Rusia


Rusia mendominasi kegiatan mengangkut awak ke Stasiun Antariksa Internasional dengan pesawat antariksa 'Soyuz'.

Rusia melakukan 40 persen dari peluncuran antariksa dunia, termasuk peluncuran satelit dan mengangkut astronot ke antariksa.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menghendaki negaranya memperoleh porsi yang lebih besar dalam bisnis peluncuran antariksa yang sangat menguntungkan itu, tetapi ia mengatakan kegiatan tersebut sebaiknya jangan hanya pelayanan angkutan antariksa.

Rusia melakukan 40 persen dari peluncuran antariksa dunia, termasuk penempatan satelit di orbit dan mengangkut awak ke dan dari Stasiun Antariksa Internasional.

Putin hari Kamis mengatakan ia ingin meningkatkan sampai sebesar 10 persen bagian Rusia. Tetapi, ia juga mengatakan ia menghendaki Rusia lebih banyak terlibat dalam penjelajahan tata-surya, ramalan cuaca dan komunikasi antariksa.

Putin mengatakan demikian sementara Rusia bersiap-siap untuk merayakan ulang tahun ke-50 penerbangan bersejarah kosmonot Yuri Gagarin.

Tanggal 12 April, tahun 1961, Gagarin menjadi manusia pertama mengorbit Bumi – peristiwa yang mempercepat perlombaan antariksa antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG