Tautan-tautan Akses

Putin Berupaya Terpilih Kembali Jadi Presiden Rusia


Papan profil calon presiden Rusia, diantaranya adalah Perdana Menteri Vladimir Putin, ditampilkan di TPS dekat Stavropol (3/2).

Papan profil calon presiden Rusia, diantaranya adalah Perdana Menteri Vladimir Putin, ditampilkan di TPS dekat Stavropol (3/2).

Rakyat Rusia sedang melangsungkan pemilu presiden yang kemungkinan akan mengembalikan Vladimir Putin kembali ke Kremlin untuk ketiga kalinya.

Lebih dari 200 ribu relawan pengawas pemilu mengamati pemungutan suara itu dengan harapan dapat menghindari tuduhan penipuan seperti yang dituduhkan oposisi terhadap pemilu parlemen 4 Desember lalu.

Sekitar 600 ribu pengguna internet telah mendaftar untuk memonitor kamera-kamera yang dipasang di hampir 100 ribu TPS di Rusia.

Putin, yang saat ini perdana menteri, berusaha untuk kembali ke jabatan yang dipegangnya dari tahun 2000 hingga 2008. Konstitusi melarangnya untuk menduduki jabatan itu untuk ketiga kalinya secara berturutan.

Jajak pendapat pra-pemilu yang dilakukan Levada Center, sebuah organisasi riset non-pemerintah, memperkirakan ia akan menang dengan sedikitnya 62 persen suara, cukup untuk menghindari pemilu babak kedua.

Namun tuduhan penipuan pada pemilu parlemen Desember lalu dan kemungkinan bahwa Putin akan menjadi presiden selama 12 tahun lagi mengundang protes-protes anti pemerintah dalam beberapa pekan terakhir.

XS
SM
MD
LG