Tautan-tautan Akses

Putin Bertemu Erdogan di Ankara


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) mengadakan pembicaraan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara hari Senin (1/12).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) mengadakan pembicaraan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara hari Senin (1/12).

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Senin (1/12) tiba di ibukota Turki Ankara, di mana dia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Senin (1/12) tiba di ibukota Turki Ankara, di mana dia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan yang kemungkinan besar akan terfokus pada hubungan perdagangan dan isu-isu regional.

Turki adalah pembeli terbesar kedua gas alam Rusia setelah Jerman. Sekitar 60 persen dari impor gas alam Turki berasal dari Rusia, yang juga dijadwalkan akan membangun pembangkit nuklir pertama Turki.

Namun, kedua negara itu memiliki perbedaan tajam kebijakan luar negeri, termasuk mengenai perang saudara di Suriah. Rusia adalah sekutu dekat Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Erdogan mendesak penggulingan pemimpin Suriah itu.

Turki juga menentang aneksasi Rusia atas Krimea dari Ukraina awal tahun ini, dan menyatakan keprihatinan atas perlakuan terhadap minoritas Turki, yakni etnis Tatar di Krimea sejak Moskow menguasai semenanjung itu.

Oleh para pengecamnya, baik Putin maupun Erdogan dituduh berkuasa secara otoriter.

XS
SM
MD
LG