Tautan-tautan Akses

Putin Tuduh AS Berusaha Dominasi Hubungan Internasional


Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu Presiden AS Barack Obama di sela KTT APEC di Beijing, November tahun lalu (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu Presiden AS Barack Obama di sela KTT APEC di Beijing, November tahun lalu (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Kamis (16/4) menuduh Amerika Serikat berusaha mendominasi hubungan internasional.

Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Amerika Serikat berusaha mendominasi hubungan internasional, tetapi mengatakan Rusia masih “selalu terbuka untuk kerjasama.”

Dia berbicara hari Kamis (16/4) di sesi tanya-jawab langsung tahunan di televisi Rusia di mana ia menjawab pertanyaan dari anggota masyarakat Rusia.

Putin mengatakan setelah Perang Dunia II Moskow berusaha memaksakan model pembangunannya di negara-negara Eropa Timur dengan kekerasan, dan hal itu “tidak ada kebaikannya.” Dia menambahkan bahwa “Amerika bertindak dengan cara yang sama dengan berusaha memaksakan model mereka di seluruh dunia,” dan mengatakan mereka juga akan gagal.

Presiden Rusia itu juga menyatakan bahwa Amerika telah menekan beberapa pemimpin Eropa untuk tidak menghadiri acara di Moskow pada tanggal 9 Mei mendatang untuk memperingati ulang tahun ke-70 akhir Perang Dunia II di Eropa.

Presiden Putin juga membela keputusannya melicinkan jalan bagi kemungkinan penjualan sistem pertahanan udara S-300 ke Teheran, dan mengatakan langkah itu berdasarkan kesediaan Iran mencapai kesepakatan mengenai program nuklirnya.

Moskow menandatangani kontrak senilai 800 juta dolar pada tahun 2007 untuk menyuplai Teheran lima baterai misil S-300. Namun Rusia membekukan kontrak itu tiga tahun kemudian setelah Dewan Keamanan PBB memberlakukan sanksi terhadap Iran.

Amerika telah menyatakan keprihatinan mengenai keputusan Rusia itu, dan mengatakan kini bukan saatnya bagi penjualan demikian mengingat kemelut di kawasan itu.

XS
SM
MD
LG