Tautan-tautan Akses

Putin akan Ampuni Pengusaha Minyak Rusia, Khodorkovsky


Mikhail Khodorkovsky, pengusaha minyak Rusia yang telah dipenjarakan satu dekade lebih (foto: dok).

Mikhail Khodorkovsky, pengusaha minyak Rusia yang telah dipenjarakan satu dekade lebih (foto: dok).

Presiden Rusia Vadimir Putin mengatakan akan segera menandatangani grasi bagi Mikhail Khodorkovsky, pengusaha minyak yang telah dipenjarakan satu dekade lebih.

Presiden Rusia Vadimir Putin mengatakan ia akan segera menandatangani dekrit mengenai grasi bagi Mikhail Khodorkovsky, pengusaha minyak yang berubah menjadi pengecam Kremlin, yang telah dipenjarakan lebih dari satu dekade.

Putin mengatakan kepada wartawan hari Kamis (19/12) menyusul konferensi pers tahunannya bahwa Khodorkovsky baru-baru ini telah mengajukan permohonan grasi atas alasan kemanusiaan, seraya menyatakan bahwa ibunya sedang sakit.

Putin mengatakan bahwa Khodorkovsky telah lebih dari 10 tahun mendekam di penjara.
Pengacara Khodorkovsky, Vadim Klyuvgant membantah kliennya telah meminta pengampunan tetapi menyatakan bahwa presiden Rusia itu dapat memberikan grasi atas prakarsanya sendiri.

Khodorkovsky ditangkap tahun 2003 dan menjalani hukuman 11 tahun penjara atas tuduhan antara lain penipuan, penggelapan, penghindaran pajak, serta pencucian uang.

Hari Rabu, majelis rendah parlemen Rusia atau Duma Negara meloloskan legislasi mengenai amnesti yang akan membebaskan dua anggota kelompok band punk 'Pussy Riot' yang dipenjarakan dan mengampuni 30 awak kapal Greenpeace dan menetapkan dakwaan perompakan untuk melakukan protes di sebuah anjungan minyak di lepas pantai Kutub Utara Rusia pada September lalu.
XS
SM
MD
LG