Tautan-tautan Akses

Purnawirawan Jenderal Peroleh Suara Terbanyak Pemilu Guatemala


Kandidat Presiden dari Partai Patriot Guatemala, Otto Perez Molina, menunjukkan jari tangannya setelah memilih di TPS Guatemala City (11/9).

Kandidat Presiden dari Partai Patriot Guatemala, Otto Perez Molina, menunjukkan jari tangannya setelah memilih di TPS Guatemala City (11/9).

Meskipun baru 3 persen surat suara terhitung, Jenderal Purnawirawan Otto Perez memperoleh 37 persen suara dalam Pemilu Presiden Guatemala.

Pejabat-pejabat pemilu Guatemala mengatakan Jendral Purnawirawan Otto Perez memimpin dalam pemilu presiden dengan 37 persen suara meskipun baru 3 persen surat suara terhitung.

Rakyat Guatemala, yang ingin bebas dari kemiskinan dan tingkat kejahatan yang diluar kendali, hari Minggu pergi ke TPS-TPS untuk memilih presiden baru.

Berbagai jajak pendapat sebelum pemilu mengunggulkan Perez yang berusia 61 tahun dari Partai Patriotik, tetapi dengan perolehan suara kurang dari 50 persen yang diperlukan untuk menghindari putaran kedua bulan November.

Perez tampaknya akan bersaing berat dengan pengusaha Manuel Baldizon di putaran kedua.

Kampanye calon presiden fokus pada siapa yang bisa berbuat terbaik dalam mengendalikan tingkat kejahatan, terutama terkait perdagangan narkoba.

Pemenang pemilu akan mulai memimpin bulan Januari, menggantikan Presiden Alvaro Colom, yang secara hukum tidak bisa menjabat lagi.

XS
SM
MD
LG