Tautan-tautan Akses

Puluhan Tewas Akibat Serangan Udara di Pasar Suriah


Peta lokasi kota Maarat al-Numan dan Kafranbel di Suriah utara (foto: dok).

Peta lokasi kota Maarat al-Numan dan Kafranbel di Suriah utara (foto: dok).

Aktivis-aktivis Suriah mengatakan serangan-serangan udara terhadap dua kota oposisi di Suriah barat laut, telah menewaskan 44 warga sipil Selasa (19/4).

Organisasi Syrian Observer for Human Rights mengatakan pasar sayur di kota Maarat al-Numan diserang hari Selasa (19/4) menewaskan kira-kira 40 orang. Serangan lain di kota terdekat, Kafranbel di provinsi Idlib, menewaskan sedikitnya empat orang. Kedua wilayah tersebut dikenal sebagai kubu pendukung-oposisi.

Serangan udara itu menyusul pertempuran hari Senin di provinsi Lataki di pesisir Latakia, kubu sekte minoritas Alawit pendukung Presiden Bashar al-Assad, sebuah cabang dari Islam Syiah.

Para pemberontak menegaskan serangan itu merupakan tanggapan terhadap pelanggaran rezim Assad - terhadap kesepakatan gencatan senjata yang diberlakukan bulan Februari.

Baik pasukan pro-pemerintah Suriah dan pihak pemberontak telah saling menuduh bahwa serangkaian pelanggaran gencatan senjata terjadi di sekitar Aleppo dan di daerah-daerah lain di negara tersebut. Gencatan senjata itu tidak mencakup wilayah yang dikuasai oleh Al-Nusra dan kelompok ISIS. [zb/al]

XS
SM
MD
LG