Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Georgia Unjuk Rasa Dukung Oposisi


Para pendukung kelompok oposisi Georgia melakukan unjuk rasa di Lapangan Kemerdekaan di ibukota Tbilisi (27/5).

Para pendukung kelompok oposisi Georgia melakukan unjuk rasa di Lapangan Kemerdekaan di ibukota Tbilisi (27/5).

Aksi unjuk rasa yang berakhir di Lapangan Kemerdekaan Georgia itu sebagai dukungan bagi kelompok oposisi menjelang pemilu parlemen bulan Oktober.

Demonstrasi yang diikuti puluhan ribu orang memenuhi jalan-jalan ibukota Georgia, Tbilisi untuk mendukung usaha kelompok oposisi menggeser partai yang berkuasa pimpinan Presiden Mikhail Saakashvili dalam pemilihan yang akan datang.

Demonstrasi hari Minggu itu diatur oleh pendukung gerakan oposisi yang bernama “Impian Georgia” pimpinan pengusaha kaya Bidzina Ivanishvili. Aksi unjuk rasa itu yang berakhir di Lapangan Kemerdekaan Georgia, dianggap sebagai dukungan bagi kelompok oposisi menjelang pemilihan anggota DPR bulan Oktober nanti.

Ivanishvili dilarang mencalonkan diri untuk jabatan pemerintah setelah pemerintah Georgia tahun lalu mencabut kewarganegaraannya, karena Ivanishvili juga punya kewarganegaraan Perancis dan Rusia.

Pendukung Presiden Saakashvili mengatakan tokoh oposisi itu hanya akan mendukung kebijakan-kebijakan Rusia di Georgia. Tapi DPR telah mengajukan RUU yang akan memungkinkan warga Uni Eropa yang tinggal di Georgia, untuk ikut pemilihan umum.

Jabatan Presiden Saakashvili akan berakhir bulan Januari tahun depan, dan tidak jelas apakah ia akan mencalonkan diri sebagai perdana menteri. Demonstrasi hari minggu itu adalah yang terbesar sejak aksi-aksi protes dilancarkan kelompok oposisi tiga tahun lalu.
XS
SM
MD
LG