Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Pro-Morsi Lanjutkan Demo di Kairo


Anggota Ikhwanul Muslimin dan para pendukung Presiden terguling Mesir Mohamed Morsi meneriakkan slogan dan mengangkat poster dalam pawai menuju lapangan Rabaa al-Adawiya Square tempat mereka mendirikan kemah sebagai bagian dari aksi protes di Kairo (2/8).

Puluhan ribu pendukung mantan presiden Mohammed Morsi berdemonstrasi di seluruh Kairo sepanjang Jum’at malam, menuntut dikembalikannya kekuasaan Morsi.

Ribuan demonstran tetap melawan perintah militer dengan melakukan aksi duduk di dekat masjid Rabaah al-Adawiya di Kairo.

Seorang pemimpin Islamis mengatakan kerumunan pendukung Morsi siap “berjuang hingga mati” untuk mengembalikan dan melindungi keamanan nasional Mesir.

Para demonstran mengarahkan kemarahan mereka pada pemimpin militer Jendral Abdel Fatah el-Sissi yang dipandang sebagai tokoh yang menggulingkan Mohammed Morsi.

Hampir 200 orang – sebagian besar pendukung Morsi – tewas sejak militer Mesir menggulingkannya satu bulan lalu.

Wakil Presiden Sementara Mohammed ElBaradei mengatakan kepada surat kabar Washington Post bahwa para pemimpin Mesir ingin mencegah pertumpahan darah, dan menambahkan kekerasan bukanlah solusi. ElBaradei mengatakan begitu kondisi mereda, pemerintah Mesir ingin berunding dengan Ikhwanul Muslimin.

Amerika telah mengirim utusan ke Kairo. Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan pemerintah harus mengijinkan berlangsungnya demonstrasi secara damai, tetapi para demonstran juga bertanggung jawab untuk tidak menghentikan kemajuan.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG