Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Mengungsi dari Kebakaran Hutan di Kanada


Sekelompok burung terbang saat asap membubung dari kebakaran hutan Fort McMurray di Kinosis, Alberta, Kanada (5/5). (Reuters/Mark Blinch)

Sekelompok burung terbang saat asap membubung dari kebakaran hutan Fort McMurray di Kinosis, Alberta, Kanada (5/5). (Reuters/Mark Blinch)

Kebakaran hutan terus berlangsung tanpa terkendali di daerah kering, dan skalanya dapat berlipat ganda.

Kebakaran hutan yang memaksa pengungsian puluhan ribu orang dari sebuah daerah permukiman di Kanada berpotensi untuk meningkat dan kemungkinan tidak akan dapat dipadamkan dalam waktu lama.

Chad Morrison, pemimpin senior pencegahan kebakaran hutan di bagian pertanian dan kehutananan provinsi Alberta, mengatakan kebakaran hutan terus berlangsung tanpa terkendali di daerah kering, dan skalanya dapat berlipat ganda.

“Ini adalah kebakaran dinamis, menantang, dan ekstrem. Jadi karena itu banyak hal dapat terjadi. Tetapi saat ini, perkiraan untuk dua hari mendatang adalah kebakaran akan bergerak ke timur laut," kata Morrison hari Jumat (6/5).

Api telah melanda 100 ribu hektar wilayah hutan termasuk 5.000 hektar di daerah sekeliling perkampungan Fort McMurray tempat 2.000 rumah telah hancur.

Meskipun pemadam kebakaran telah berusaha keras, Morrison mengatakan api di daerah pasir berminyak Alberta tidak akan padam sampai hujan lebat turun.

Margarita Carnicero termasuk di antara pengungsi pertama yang mencapai Wandering River, sebuah perkampungan lebih dari 100 kilometer sebelah selatan Fort McMurray.

Carnicero mengatakan kepada kantor berita Perancis bahwa dia takut kehilangan nyawanya dalam perjalanan ke tempat aman.

“Perjalanan tersebut adalah pengalaman yang mengerikan,” katanya, sambil duduk dalam mobil SUV-nya yang tertutup debu di samping putri remajanya Michelle.

“Saya takut, tapi saya berusaha untuk tidak menunjukkannya supaya putri saya tidak ketakutan.”

Polisi berjaga-jaga di persimpangan supaya pengungsi tidak datang kembali untuk mengambil barang-barang mereka. [gp]

XS
SM
MD
LG