Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Aktivis Protes KTT G-20 di Seoul


Para aktivis hak-hak buruh Korea Selatan meneriakkan slogan-slogan yang mencela KTT G20 yang akan diadakan di Seoul.

Para aktivis hak-hak buruh Korea Selatan meneriakkan slogan-slogan yang mencela KTT G20 yang akan diadakan di Seoul.

Para aktivis menuduh negara-negara besar di dunia melanggar hak-hak pekerja dan mengancam program-program kesejahteraan sosial.

Puluhan ribu aktivis anti-globalisasi berunjuk rasa di Seoul guna memprotes KTT G-20 negara-negara dengan perekonomian utama pekan mendatang.

Para penggalak hak-hak buruh Korea Selatan dan pengunjuk rasa lainnya berkumpul di alun-alun besar di dekat Balai Kota Seoul hari Minggu, meneriakkan slogan-slogan dan menyanyikan lagu-lagu yang mencela G-20.

Para aktivis menuduh negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia melanggar hak-hak pekerja dan mengancam program-program kesejahteraan sosial dengan memotong belanja publik. Polisi Korea Selatan memperkirakan rapat umum itu diikuti 20.000 orang, sementara penyelenggara mengatakan unjuk rasa itu diikuti 40.000 orang.

Ribuan polisi mengepung rapat umum itu, yang sebagian besar berlangsung damai. Sebagian demonstran berusaha keluar dari zona protes yang telah ditetapkan dan bentrok dengan polisi yang memaksa mereka kembali dengan semprotan merica.

Pemerintah Korea Selatan mengerahkan sekitar 50.000 polisi di Seoul dan menempatkan militer dalam siaga tinggi menjelang KTT dua hari yang dimulai hari Kamis. Presiden Amerika Barack Obama adalah salah satu pemimpin dunia yang akan hadir dalam KTT itu.

XS
SM
MD
LG